Dua Kali Tidak Hadiri Sidang, Hak Tergugat Inspektorat Kab. Asahan Dihilangkan pada Sidang Perkara PMH

Dua Kali Tidak Hadiri Sidang, Hak Tergugat Inspektorat Kab. Asahan Dihilangkan pada Sidang Perkara PMH

ASAHAN - Sidang kedua (lanjutan sidang pertama yang digelar pada hari Rabu, 25/08/2021 lalu) perkara gugatan PMH (Perbuatan Melawan Hukum) dalam permasalahan pengguguran perusahaan Penggugat dalam tender pekerjaan, 'Peningkatan Ruas Jalan di Jalan Bukit Kijang - Bandar Pulau (No. Ruas 047) Kec. Rahuning' digelar, yang mana dalam persidangan tersebut dibuka secara resmi oleh hakim ketua, Yohana T Pangaribuan, S.H, M.H., didampingi hakim anggota Antoni Trivolta, S.H., dan Irse Yanda Perima, S.H., M.H., di ruang sidang Cakra PN (Pengadilan Negeri) Kelas I B Kisaran, Asahan, Sumatera Utara pada hari Kamis, (02/09/2021) yang dimulai sekira pukul 14.00 WIB.

Dalam persidangan tersebut dihadiri oleh kuasa hukum penggugat Direktur Utama PT. ADRIAN BERKAT PRATAMA, diantaranya, Darminto Edi, S.H., Gegana, S.H., Bayu Saputra, S.H., juga kuasa hukum tergugat I (POKJA), II (UKPBJ-AS), III (Kadis PUPR), V (Bupati Asahan), Leo Napitupulu, S.H., M.H., dan turut tergugat diwakili Direktur diketahui tidak melampirkan surat kuasa serta surat tugas dari Direktur Utama PT. DUTA MULTI ANUGRAH selaku pemenang Tender Proyek, namun pada persidangan tersebut tidak dihadiri tergugat IV (Kepala Inspektorat Kabupaten Asahan).

Diawal persidangan, Yohana selaku Hakim Ketua meminta kepada para pihak yang telah hadir agar memastikan seluruh syarat ketentuan kelengkapan administrasi sudah dilengkapi dan terpenuhi, serta mengucapkan terimakasih atas kehadiran pihak penggugat dan tergugat serta kuasa Direktur PT. DUTA MULTI ANUGRAH selaku turut tergugat atas kehadiran dalam mengikuti jalannya proses persidangan kedua, meskipun tergugat IV (Kepala Inspektorat) sudah dua kali tidak hadir namun persidangan tetap dilanjutkan.

Pihak Kuasa Tergugat sempat melayangkan protes meminta agar mejelis bisa memastikan keabsahan daripada keberadaan Pihak Turut Tergugat, namun karena kesigapan daripada Hakim Ketua akhirnya para pihak sepakat kelengkapan berkas dari Pihak Turut Tergugat akan menyusul dikirim kepada Pihak Pengadilan.

Terkait ketidakhadiran tergugat IV, Yohana T Pangaribuan, S.H, M.H. yang memimpin persidangan mengungkapkan bahwa PN telah dua kali mengirimkan surat panggilan kepada tergugat IV (Kepala Inspektorat Kabupaten Asahan) untuk menghadiri persidangan, sebelumnya surat panggilan sidang pertama dan surat panggilan sidang kedua dan kedua surat panggilan tersebut telah diterima oleh salah seorang staf di Kantor Inspektorat Kabupaten Asahan, berarti surat tersebut dianggap telah sampai.

"PN telah dua kali mengirimkan surat panggilan kepada Inspektorat Kabupaten Asahan untuk menghadiri persidangan, sebelumnya surat panggilan sidang pertama dan surat panggilan sidang kedua dan kedua surat panggilan tersebut telah diterima oleh salah seorang staf di Kantor Inspektorat Kabupaten Asahan, berarti surat tersebut dianggap telah sampai", ungkap Yohana.

Sementara itu, Pihak Kuasa Penggugat juga meminta kepada sidang Majelis, agar Hak dari Tergugat IV (Inspektorat Kabupaten Asahan) segera dihilangkan, karena tidak beritikad baik dengan tidak menghadiri persidangan pertama dan juga kedua. Kemudian kuasa penggugat kembali meminta kepada sidang Majelis, supaya persidangan dapat dilanjutkan ke Sidang Mediasi.

Ketidakhadiran tergugat IV (Kepala Inspektorat) dua kali berturut-turut dengan tegas Yohana menyatakan bahwa tergugat IV tidak beretikat baik, sehingga hak-haknya (tergugat IV) di persidangan telah dihilangkan.

"Ketidakhadiran tergugat IV (Kepala Inspektorat) dua kali berturut-turut dinyatakan bahwa tergugat IV tidak beretikat baik, sehingga hak-haknya di persidangan telah dihilangkan", ujar Yohana dengan tegas.

Selanjutnya, pada persidangan tersebut dinyatakan bahwa pada sidang selanjutnya (sidang ketiga) akan dilanjutkan ke tahap mediasi, namun sebelumnya hakim ketua yang memimpin persidangan mempertanyakan kepada pihak penggugat, pihak tergugat dan pihak turut tergugat apakah masing masing memiliki mediator, namun pihak penggugat, pihak tergugat dan pihak turut tergugat menyerahkan sepenuhnya kepada majelis hakim.

Yohana selaku hakim ketua dalam persidangan tersebut mengungkapkan bahwa yang bertindak sebagai mediator haruslah hakim yang bersertifikat, dan di PN Kisaran hanya ada 2 (dua) hakim mediator yang bersertifikat. Namun karena salah seorang hakim mediator yang bersertifikat tersebut sedang melaksanakan tugas di luar kota, maka ditunjuklah hakim Ahmad Adib, S.H., M.H., sebagai mediator yang akan memimpin mediasi pada hari Kamis, (09/09/2021) yang akan datang.

Usai sidang, ditempat terpisah, kepada wartawan Pihak Kuasa Hukum Penggugat yang diwakili oleh Darminto Edi, S.H. mengapresiasi proses persidangan, karena menurutnya persidangan berjalan dengan mulus.

"Saya ucapkan terimakasih kepada Pihak Kuasa Tergugat I, II, III dan V karena telah bersedia hadir dan bekerja dengan profesional, begitu juga dengan Pihak Turut Tergugat. Perlu diketahui bahwasanya persidangan menjadi terhalang ketika para pihak ada yang tidak datang, tentunya hal tersebut nantinya juga akan memakan waktu yang cukup lama untuk mencapai suatu putusan ataupun kesepakatan", ujarnya.

Darminto juga sangat mengapresiasi putusan Majelis hakim yang mana dengan tegas mengatakan, bahwa pihak tergugat IV (Inspektorat Kabupaten Asahan) adalah pihak yang tidak beritikad baik dan haknya akan dihilangkan.

“Jadi dengan dihilangkan haknya, konsekuensi hukumnya pihak Inspektorat Kabupaten Asahan akan melaksanakan perintah dari putusan Pengadilan. Karena dia tidak lagi bisa melakukan pembelaan disebabkan haknya sudah dicabut, semoga dalam sidang mediasi nanti permasalahan dapat diselesaikan dengan musyawarah yang baik." Tandas Darminto. Edward Banjarnahor

Asahan
Edward Banjarnahor

Edward Banjarnahor

Previous Article

Direktur Utama PT. ADRIAN BERKAT PRATAMA...

Next Article

Kinerja Dr. Kurniadi Sebayang, MSi, Med,...

Related Posts

Peringkat

Profle

Agung widodo verified

Anton atong sugandhi

Anton atong sugandhi verified

Postingan Bulan ini: 4

Postingan Tahun ini: 16

Registered: Nov 25, 2021

Muhammad Rafico Tiyandri

Muhammad Rafico Tiyandri verified

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 45

Registered: Jul 9, 2020

PASAMAN

PASAMAN

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Nov 8, 2020

PESSEL

PESSEL verified

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Nov 9, 2020

Profle

Agung widodo verified

Polda Jateng Ungkap Kasus Penipuan Dengan Mudus Gendam di Semarang, Korban Rugi Rp3 Miliar
Penjelasan Bupati pada Rapat Paripurna DPRD tentang 7  Raperda Kab. Pangandaran Tahun 2021
Pandangan Umum Fraksi Kerja tentang 7 Raperda  Kab. Pangandaran Tahun 2021
Diguyur Hujan Deras, Kapolres Semarang Pimpin Langsung Pengamanan Aksi Demo Buruh

Follow Us

Recommended Posts

Polda Sumut dan Forkopimda Siap Hadapi Pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru
LBH MEDAN: Ada Dugaan 7 Orang DPO di Poldasu dan Jajaran Belum Ditangkap
R-APBD Kabupaten Simalungun TA 2022 Disetujui dan Disahkan
Diterima Pimpinan DPRD, Pengurus MPC Pemuda Pancasila Labuhanbatu Unjuk Aksi Minta Junimart Girsang Tokoh Politik PDI P Di Proses
Pengambilan Sumpah/Janji PNS di Lingkungan Pemkab Asahan Tahun 2021