Sekretaris BIN AsBaT: Bupati Harus Ambil Tindakan Terkait Dugaan Kecurangan Proses Tender

Sekretaris BIN AsBaT: Bupati Harus Ambil Tindakan Terkait Dugaan Kecurangan Proses Tender

ASAHAN - Lembaga Independent Badan Investigasi Nasional (BIN) perwakilan Kabupaten Asahan, Batubara dan Kota Tanjung Balai (AsBaT) memberikan tanggapan terkait dugaan pelanggaran proses tender proyek oleh Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang), UKPBJ (Unit Kelompok Pengadaan Barang dan Jasa) serta Dinas Perkim (Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman) Kabupaten Asahan tahun 2021 yang mana saat ini sedang marak beredar dibeberapa media online bahkan sempat mendapatkan aksi demonstrasi oleh gabungan dua organisasi Mahasiswa Asahan yakni KOMPAS (KOmunitas Pemuda Asahan) dan GM PPMA (Generasi Muda Perkumpulan Persaudaraan Masyarakat Asahan).

Sekretaris BIN AsBaT, Hendra Putra Piliang meminta Pejabat Pemangku Kepentingan dilingkup Kabupaten Asahan agar fokus dalam memperhatikan serta menindaklanjuti terkait dugaan pelanggaran regulasi tersebut.

"Bupati Asahan selaku pemegang pucuk pimpinan tertinggi di daerah seharusnya memonitoring dan evaluasi terkait dugaan informasi tersebut. Beliau kan bisa memerintahkan Inspektorat selaku (APIP) unsur pengawas, agar segera mengambil langkah-langkah dalam proses penyelidikan tentang kebenaran informasi tersebut. Kalau memang benar angsung ambil tindakan", ucap Hendra kepada para wartawan saat memberikan tanggapan dikediamannya, pada hari Sabtu, (11/09/2021).

Lanjutnya, "Saat ini kita ketahui bersama, bahwasanya Pokja Tender Proyek Kabupaten Asahan sedang digugat dalam perkara perdata Perbuatan Melawan Hukum (PMH) di PN Kisaran oleh salah satu Perusahaan yang digugurkan karena diduga melakukan kecurangan pada proses lelang Tender Proyek Peningkatan Ruas Jalan Bukit Kijang - Bandar Pulau tahun anggaran 2020, jadi kita berharap janganlah hal serupa nantinya terjadi lagi terhadap permasalahan yang baru muncul ini."

"Kalaulah hal serupa nantinya betul terjadi lagi, wah bisa gawat roda birokrasi Pemerintahan Kabupaten Asahan ini. Kepercayaan masyarakat terhadap pemimpinnyapun bisa buyar, Visi-Misi Kabupaten Asahan untuk Masyarakat Asahan Sejahtera, Religius dan Berkarakter berarti hanya slogan belaka", Ungkapnya.

"Saya meminta kepada Bupati Asahan agar respon terhadap aspirasi masyarakat, jangan hanya berdiam diri tanpa ada mengambil tindakan maupun keputusan. Bupati memiliki hak veto dan tanggung jawab penuh dalam memastikan aturan perundang-undangan serta administrasi birokrasi Pemerintahan Daerah berjalan dengan baik sebagaimana mestinya", Tandasnya mengakhiri. Edward Banjarnahor 

Asahan
Edward Banjarnahor

Edward Banjarnahor

Previous Article

Diduga Tender Proyek Sarat Kecurangan

Next Article

Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Baharuddin...

Related Posts

Peringkat

Profle

Agung widodo verified

Anton atong sugandhi

Anton atong sugandhi verified

Postingan Bulan ini: 4

Postingan Tahun ini: 16

Registered: Nov 25, 2021

Muhammad Rafico Tiyandri

Muhammad Rafico Tiyandri verified

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 45

Registered: Jul 9, 2020

PASAMAN

PASAMAN

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Nov 8, 2020

PESSEL

PESSEL verified

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Nov 9, 2020

Profle

Agung widodo verified

Penjelasan Bupati pada Rapat Paripurna DPRD tentang 7  Raperda Kab. Pangandaran Tahun 2021
Pandangan Umum Fraksi Kerja tentang 7 Raperda  Kab. Pangandaran Tahun 2021
Diguyur Hujan Deras, Kapolres Semarang Pimpin Langsung Pengamanan Aksi Demo Buruh
Polda Jateng Ungkap Kasus Penipuan Dengan Mudus Gendam di Semarang, Korban Rugi Rp3 Miliar

Follow Us

Recommended Posts

Polda Sumut dan Forkopimda Siap Hadapi Pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru
LBH MEDAN: Ada Dugaan 7 Orang DPO di Poldasu dan Jajaran Belum Ditangkap
R-APBD Kabupaten Simalungun TA 2022 Disetujui dan Disahkan
Diterima Pimpinan DPRD, Pengurus MPC Pemuda Pancasila Labuhanbatu Unjuk Aksi Minta Junimart Girsang Tokoh Politik PDI P Di Proses
Pengambilan Sumpah/Janji PNS di Lingkungan Pemkab Asahan Tahun 2021